Webcam 4530 Saya Tidak Mau Menyala!

Ini merupakan pertanyaan yang tampaknya agak sering ditanyakan oleh para pengguna Acer 4530. Bahkan mungkin pertanyaan ini bisa dimasukkan ke dalam  kategori paling sering ditanyakan. Kali ini saya akan mencoba membahas beberapa cara agar webcam tempat kita bernarsis ria bisa kembali menyala sebagaimana-mestinya.

MENGATASI MASALAH WEBCAM 4530

Seperti sudah dibahas sedikit di atas, tampaknya webcam 4530 agak sedikit lebih rewel dibandingkan dengan webcam laptop kebanyakan. Cukup mengesalkan memang, apalagi jika kita sedang memerlukan webcam, tapi malah mendapati webcam kita tidak mau menyala, atau hanya menampilkan layar hitam di monitor kita.

LANGKAH YANG BISA DILAKUKAN

Kita bisa “mengakali” masalah ini dengan cara menginstal hanya Acer Crystal Clear Utility saja, tanpa menginstal Driver Webcamnya.

Dalam DVD Driver bawaan Acer, kita akan mendapati 4 pilihan yang bisa diinstal untuk Webcam Acer 4530 kita (Untuk OS XP). Keempat daftar tersebut adalah:

  1. Driver Webcam Acer Suyin (Suyin Camera)
  2. Suyin Camera Utility Crystal Eye
  3. Driver Webcam Acer Bison (Bison Camera)
  4. Bison Camera Utility Crystal Eye

KIta hanya perlu menginstal Suyin Camera Utility Crystal Eye saja, tanpa perlu menginstal Driver Suyin Camera. Dengan cara ini, webcam 4530 tidak akan tampil di Windows Explorer, tetapi hanya dapat diakses melalui shortcut yang ada di desktop, atau melalui Start Menu.

Catatan: Driver yang kompatibel dengan Acer Aspire 4530 Indonesia adalah Suyin.

Agak mengurangi kemudahan akses memang, tetapi ini jauh lebih baik daripada mudah akses tanpa bisa dipakai.

Jika memang sudah terlanjur menginstal keduanya (baik Driver maupun Crystal Eye Utility), kita bisa menghapusnya (uninstal) dengan cara mengakses:

Klik kanan pada My Computer > Device Manager > Pada bagian Imaging Device > Klik kanan pada Acer Crystal Eye Webcam > Kemudian klik kanan > Uninstall.

Setelah itu Restart Notebook, kemudian barulah menginstal Suyin Camera Utility Crystal Eye.

Catatan: Pada Vista, tidak terdapat Driver Suyin Camera atau Bison Camera (hanya Crystal Eye Utility-nya saja)

CARA PEMAKAIAN WEBCAM

Cara penggunaan Webcam pada Acer Aspire 4530 yang disarankan adalah dengan mengatur posisi kemiringan layar monitor pada sudut > 90° (layar diatur sedikit lebih ke belakang dari posisi tegak lurus).

Selain itu, karena kabel penghubung webcam 4530 yang agak sedikit sensitif, sebaiknya posisi layar tidak diubah-ubah saat sedang menggunakan webcam. Hal ini bisa mengakibatkan webcam akan menjadi blank (hitam), atau bahkan mati.

JIKA MASIH BELUM BISA

Jika cara-cara di atas sudah diterapkan namun layar masih belum bisa diaktifkan, pertama-tama coba periksa kembali apakah cara-cara di atas sudah dilakukan dengan tepat atau belum. Jika memang sudah diteliti dan tidak ada langkah yang terlewatkan atau langkah yang salah, solusi terakhir adalah membawa Acer 4530 anda ke Acer Service Center terdekat.

Ada juga kemungkinan bahwa tidak aktifnya webcam, terkait dengan pemakaian Operating System yang sedang digunakan. Tapi hal ini belum bisa dipastikan lebih lanjut.

Selamat Mencoba

Tagged ,

72 thoughts on “Webcam 4530 Saya Tidak Mau Menyala!

  1. Duc4t1 says:

    link drivernya sekalian gan dimasukin :P

  2. papatome says:

    Oh iya ya, bentar dimasukkin deh. Mw tidur dulu, mata uda berat begadang bikin nih blog. Hehehe.. Btw tengkyu ya pada maen kesini :D

  3. baseng says:

    Kalo gw liat ini kemungkinan besar hardware failure kok.
    Punya gw pernah jalan, tapi kalo posisi layar kegeser dikit ato di naek-turunin pasti tu webcam error.
    Menurut gw ga wajar soalnya gw liat punya temen gw 4520 mo dinaek turunin ato ditutup skalian layarnya juga ga masalah.
    Trus kmaren ada yang beli 4530 baru indo yang RM-72 ram 1 GB itu webcamnya ga masalah sama sekali.
    Gw mo ke Acer point buat benerin ni lappie tapi lom sempet2 :(

  4. papatome says:

    @ baseng: Setuju mas, memang sepertinya hardware failure, makanya postingan ini harus dibuat. Saya juga blm ke Acer Service Center, ga sempat mulu.. (sebenernya lebih ke: Takut lapienya nginep, hehe)

  5. baseng says:

    Betul, itu salah satu alasan juga sih.. Takut tar lama di inepin :hammer:
    Kalo gw liat padahal 4530 ini cukup banyak yang trouble kek gini dengan kata laen ada batch produk gagal dari pihak manufacturing Acer. Tapi Acer adem ayem aja dan ga ada inisiatif buat tarik produk gagal itu dari pasar.

  6. Dikta-BOY says:

    Tetep gk bisa..pake Vista64 :((

  7. papatome says:

    @baseng: Makanya adeknya 4530 yang seri 4530-721G16MN udah diperbaiki (katanya sih), dengan webcam yang ga seperti seri kakaknya ini. Ntar kalo ada waktu kosong di bawa ke Acer Service Center deh, hehehe

    @Dikta-BOY: Langkah-langkah instal drivernya gimana bro? Trus layarnya udah >90 derajat? Saya juga pake Vista 64, dan selama ini baik2 aja.

  8. Dikta-BOY says:

    udah bener kok :o

    udah coba donlot yg 64…or pake yg bawaan DVDnya :bingung:

    ke ACER point sering nginep ya ?:D

  9. m42nk says:

    wah, nice info gan……

  10. ninovalerino says:

    sekedar tambahan, klo udah uninstall driver. di windows, webcam akan didetek sebagai USB hardware. nah klo gerakin layar sering muncul indikator klo ada unplugged USB device.

  11. Bais says:

    kalo di bandung, service center acer dimana ya bos???

  12. @Dikta-BOY: Ga juga sih bro.. cuma takut aja kalo sampe harus nginep. Beberapa probelm bisa langsung kelar sambil ditungguin koq. Yang paling cepet update BIOS. Kata yang udah pernah sih cuma 15menitan (di luar waktu nunggu antrian)

    @m42k: Tengkyu bro. Makasih uda maen kesini ya :D

    @ninovalerino: Aha! Itu dia yang saya cari2. Selama ini masih agak bingung korelasi antara kinerja webcam dengan posisi dudukan layar. Analisisnya mantep gan! Thanks berat. Btw salah satu alasan saya beli ni lapie karena blog mas loh :D

    @Bais: Kalo ga salah Acer point yang di BEC bisa nerima service bro. Tapi kayaknya agak lama karena pake sistem titip. Tapi mereka tau koq tempat Acer Service Center Bandung. Coba aja telpon ke 022-4215458

  13. Omen says:

    @nino: webcam gw ngeblank awalnya gitu tau2 ada suara unplug device trus ngeblank ampe sekarang, dah gw ikutin resep2 dari kang donny tapi masih aja blank malah sekarang jadi white blank.

    ampe sekarang masih suka muncul found USB Device padahal ga ada device yg di colokin (driver webcam dah diinstall, biar ga muncul found new hardware terus). rencana mo Install ulang OS dulu lah, tar liat hasilnya.

    btw, selain driver suyyin bawaan ada ga driver lain yg kompatible dengan webcam 4530? donlod dimana?

    service di acer point bayar ga sih?

  14. Alex says:

    jadi bagaimana jika laptop dimatikan, pasti lid nya kan ditutup (lebih kecil 90 derajat)
    jadi bagaimana cara mengatasinya.
    kadang-kadang mati juga.
    driver apa lagi yang perlu diinstal???

    Kalo itu ga masalah mas.. maksudnya pas webcam mau dipake sebaiknya posisi >90 derajat. Kalo untuk driver sebaiknya diinstal semuanya aja? Ato maksudnya gimana yak? :D

  15. D-wicky says:

    gue coba dulu dech . . .
    Moga aj bhasil . . .
    Amiiiieeen . . .

    Amiin :D

  16. phanoel says:

    gan.. aku punya laptop acer travelmate 6293 yang dibeli di Arab. Tadinya OSnya Vista. Aku ganti XP malah webcamnya gak mau nyala…

    Instal pake bermacam2 driver juga gak ngefek.. Suyin, Chicony, Bison, bla, bla, bla…

    Terus aku harus gmana biar webcamnya bisa nyala ya gan?

    Wah saya kurang tau juga mas kalo seri yang itu.. Btw dapet CD driver kan? Trus di CD drivernya disediain 2 part terpisah untuk XP ama Vista, atau digabung?

  17. agusray says:

    good info, sama punyaku… nanti tak coba weh… TQs

    Makasih.. :)

  18. scr4ppy says:

    punya gw jg bermasalah…
    sebelumnya sempet bisa..
    tapi ya kadang kedengeran suara kaya usb unplug gitu, trus ada plug lagi. bis gitu ga bisa deh,..

    ni lagi donlot drivernya… dvdnya ketinggalan di rumah :D
    semoga berhasil usaha kali ini

    kok blom ada yang posting berhasil yah???

    Hmm.. mungkin kalo udah berhasil kan udah ga perlu membuka postingan mengenai masalah webcam kali ya mas? :D

  19. scr4ppy says:

    dah bisa bro…
    akhirnya dah bisa lagi liat wajah gw di webcam..
    tapi.. ups..
    tiba2 terdengar lagi suara usb unpluged. trus plug.. [gambar webcam freeze]
    trus kluar notificatiaon yang kluar klo kita nancepin USB 2.0 ke port yang bukan 2.0 [gw ga bisa ngapalin tulisanny].
    trus gw coba restart lg..
    kejadian yang sama berulang lagi.[sempet tampil trus berhenti]
    ada saran lagi bos??

    Wah kurang tau juga kalo kasusnya seperti itu mas.. Layarnya sempat digoyang ngga mas?

  20. yupme says:

    webcam 4530 saya juga sensitif bgt kadang bsa kdng blank hitam & diVista jg kya gtu berarti bukan xp aja ya???

    Iya betul mas, saya juga jadi bingung ngejelasin cara penanganannya.. Kadang ada yang permasalahannya tetap ada walaupun sudah mengikuti cara-cara di atas.

  21. sis says:

    web cam acer 4530 saya warnanya agak ungu2 klo di set di 640×480 tapi klo di set di 320×240 ngga bermasalah. Driver sudah pakai Suyin Cristal eye. OS pakai XP Home.

    Driver webcamnya diinstal juga? Atau cuma Crystal Eye Utilitiesnya aja mas? Sebaiknya cuma Crystal Eye Utitilies (Suyin) yang diinstal)

  22. yupme says:

    webcam 4530 nyaris sama dengan bro scr4ppy. klo misal diklaim ke acer bakal diapakan ma acer pointnya? apa bakal diganti webcamnya dengan versi yg baru or ….? ada yg pernah klaim ga or solution???

    Wah saya sendiri kurang tau juga mas nanti diganti atau nggak. Yang jelas, sebelum bawa pulang, cek dulu webcamnya diservice center tersebut. Kalo belum nyala, jangan mau dibawa pulang. Intinya sukses dulu baru dibawa pulang. Sisanya urusan Acer apakah diganti baru atau nggak.

  23. aryabayu says:

    gan, emangnya webcam 4530 segitu sensitifnya ya?

    aku coba punyaku lancar aja tuh. oh iya lapieku yang versi rm72+winxp.

    Punya saja juga ga sesensitif itu mas. Kurang tau juga nih kenapa ada perbedaan di masing-masing laptop walaupun serinya sama. Punya saya dipake lama webcam jalan terus, layar digoyang ga masalah, dipake rekaman juga bisa (halah halah).

  24. coki says:

    Weleh2… kayanya memang Acer = Awas CEpat Rusak. Aku ngalamin yang sama dengan acer 4930, layar webcam hitam doang. Aku udah nyoba install ulang Vista, install ulang XP, install driver sudah benar, tetap aja tidak bisa ngidupin webcam nya. Aku cari2 info di web, ternyata banyak lho yang pengalamannya sama, http://www.fixya.com/support/t287948-acer_crystal_eye_web_cam . Udah kucoba semua solusi, tetap aja, kayanya hardware failure nih, mesti dibawa ke tokonya lagi. Baru beli sebulan lebih, hik3…

    Sebenarnya ga semua Acer koq mas. Cuma seri ini aja yang banyak masalah webcamnya. Mungkin karena murah kali ya? ^^’

  25. suff says:

    web ane juga gitu….. sempet bisa… eh, posisi digoyang dikit… tiba-tiba freeze dan keluar notifikasi unpluged… OS pake vista.
    ada yg bisa ngasih pencerahan…?? thanks.

    Sebaiknya diposisikan dulu layarnya baru dinyalakan webcamnya mas. Sepertinya kabel penghubungnya cukup sensitif. Saya sendiri ndak ada masalah sama goyang-goyangan layar. Bingung juga nih koq beda-beda.

  26. yupme says:

    kira2 dibandung bsa diservice ga but ga dikirim ke jakarta masalah lama ntarnya. ada yg udh pernah service di acer point untuk masalah webcam but langsung disitu???

    Saya sendiri belum pernah mas.

  27. omen says:

    masalah webcam 4530, bulan kemaren gw bawa ke distributor trus di otak atik software-nya, gonta-ganti OS (XP-Vista-XP) sampe nunggu 1 minggu masih ga bener juga katanya emang hardware-nya, akhirnya gw bawa pulang dulu secara gw ada kerjaan, trus sekarang ama distributornya dikirim ke acer centre disuruh nunggu 2 minggu lagi.
    capek deh!!!

    Waktu itu garansinya resmi Indo atau garansi distributor mas?

  28. donny says:

    awal2 bisa pake nih webcam..belakangan cuma pajangan doang soalnya nge blacky..hu hu..
    uda di coba segala saran,ide,gaya..tetap aja blacky..
    mana jauh dari acer point lg..
    tetap nunggu wangsit dari papatome utk mengakhiri riwayat webcam yg blacky..

    Wah sabar ya mas, sepertinya saya sudah nemuin alternatif lain nih. Tunggu tanggal mainnya.

  29. ayub says:

    webcam msh blank.

    Sabar ya mas.. mungkin saya ada alternatifnya.

  30. ayub says:

    sy sdh bw di service center tp tetap nggak mau,
    jd gmana dong??????
    PLISSSS HELP MEEEE
    TOLONG SY
    BANTU SY
    SELAMATKAN SY.

    Tenang dulu mas, dinginkan kepala, kita coba cara lainnya. Nanti saya tuliskan di posting baru. Bentar ya mas..

  31. asra says:

    anyway tthaaks….. you re the man bro….

    Sama-sama bro

  32. asra says:

    millions thanks, you re the man , you re the master….

    Ampun DiJeeeeee

  33. [...] tetap banyak yang mengalami meskipun sudah melakukan trik-trik yang sudah dituliskan pada postingan Webcam 4530 Saya Tidak Mau Menyala! Sebagai gantinya, saya mencoba mencari beberapa alternatif pemecahan masalah webcam yang cukup [...]

  34. nuger says:

    ulasan webcamnya tlng lebih dilengkapi

  35. Neo says:

    hello…
    Bingung..dalam bndel DVD driver acer 4530 sya utk suyin webcam ada dua pilihan folder setup tpi ngk ad yg tertulis Suyin camera utilty crystal eye.. yang tertulis di DVDx:

  36. Neo says:

    sory…ter submit..ngk lengkap
    hello…
    webcam error..aduh mah..ngeblank..napa ya sebabx?jarang dipake lho padahal..bru jg beli 3 bulan.
    Apa ngk support ma OS? ato krn applikaasi laen yg berpengaruh? ato krn virus?..(tpi antivirus sya kan update…hehehe)ATO krn BIOSsya pake WIN.XP SP3..
    Bingung..dalam bundel DVD driver acer 4530 sya utk suyin webcam ada dua pilihan folder setup tpi ngk ad yg tertulis Suyin camera utilty crystal eye.. yang tertulis di DVDx:
    1.CCD_Suyin
    2.CCD_Suyin_App
    tolong dong downloadx dmn Suyin camera utility crystal eye for Acer 4530?

  37. tolong buat acer 6292 vista says:

    mas minta tolong dong…

    ne laptopku acer 6292 habis di install ulang pake windows vista ultimate 32bit….terus WIFI sama webcamnya ga nyala….

    tolong solusinya yah…please..thx

  38. tolong buat acer 6292 vista says:

    mas minta tolong dong…maap yang barusan ga lengkap

    ne laptopku acer 6292 habis di install ulang pake windows vista ultimate 32bit….terus WIFI sama webcamnya ga nyala….

    buat webcamnya
    terus udah instal driver bawaan acer dari device manager kata vista-nya
    ‘the system cannot find the file specified’

    terus install lagi dari bison sama suyin masih ga bisa juga kata vista-nya…
    ‘the requrired section was not found in the INF.’

    tolong solusinya yah…please..thx sebelumnya

  39. ISee says:

    All,

    untuk masalah webcam, silakan googling versi Suyin terbaru Suyin_CCD_DRV_v5.8.48.501.1.
    (Untuk yang Bison, uninstall aja)

    Hasilnya:
    1. USB Video berubah jadi Acer Crystal Eye
    2. Setting Frame/Light available 50 & 60 Hz
    3. Tidak blank/white screen

    Gudlak!

  40. Kembara says:

    sepengalaman saya ngakalin webcam acer 4530 yang sering ngblank,,biasanya shortcutnya acer crystal eye tuh di klik aja berkali,,nanti kan bakalan keluar tampilan camera yang bayak tuh,,terus salah satu dari itu biasanaya ada yang bisa,,kalo ga di tampilan yang kedua apa ketiga…

  41. Jojo Tobing says:

    Netbook Aspire One tiba2 gag bisa muncul gambar di monitornya tapi mesinnya nyala.
    sebelumnya sering ngehang trus di matiin paksa pake power.
    tapi pas dinyalain lagi bisa.eh,pas dinyalain kedua kalinya malah gag bisa.
    kira2 kenapa ya???
    kondisi habis dipake buat movie maker, di charge pke baterai…
    tolong banget ya.
    mw ke acer center di bandung tapi gag tw dimana????

  42. Toto says:

    Intinyna bukan Software Conflict…
    Emang 4530 barang “BOSOK….!!!!!”,……
    mustinya ditarik dari pasar,… lagian kalo di Inepin di Acer apa dijamin diganti….??
    dan laptop aman ngk diganti tuh barang-barang di dalemnya… (gue baru beli 5 hari dah erorrrr!!!)

  43. Updear says:

    4530 waduh..ini webcam ngak baek2, please help mee…udah macem-macem resep belum bagus2,..

  44. agunk_denpasar says:

    INFO TERBARU…!!

    SUPAYA GA REWEL LAGI..PIHAK ACER MENYARANKAN VERSI 4530 YANG LAMA DENGAN BIOS VERSI 1.3331 DAN 1.3332 UNTUK DI UPDATE KE VERSI 1.333 ATAU YANG TERBARU SEPERTI KELUARAN ACER 4530-721G16MN YANG SEKARANG..

    DIJAMIN TIDAK REWEL DAN BANGGA MEMPUNYAI ACER 4530. SEPERTI SAYA..

    SEKIN INFO SAYA. SEMOGA DAPAT MEMBANTU KAWAN-KAWAN SEMUA

  45. herma fanani says:

    @agunk_denpasar
    kata siapa bebas masalah,bli…? aku dah pake bios 1.335 masih aja sering hang pas booting atau dah nyampe desktop, tiba2 screennya freeze… ak dah make vista 64 bit/32 bit, xp sp3 32 bit sama aja penyakitnya. kalau direstart ulang atau pake safe mode langsung lancar2 saja, maen game COD4 juga maknyuss.. sampai sekarang pihak ACERnya cm bilang kalau masalahnya saya pakai OS bajakan? what the F…? boong banget,kan? PC saya aja g pernah ada masalah, padahal OS yg saya pakai sama (1 DVD)… mungkin ada driver yang crash? atau emang laptop gagal? adakah teman2 yang bisa membantu? tx

  46. heru says:

    sama nih punya gw sbelumnya kadang blank kadang bisa dan ada suara unplug abis itu matot dibawa keacer centre diganti board setelah itu seminggu webcam gak bermasalah, seminggu berlalu mulai bgtu lagi emang hardwarenya kayanya yg bermasalah

  47. dvin says:

    hmm…siapa bilang 4530 “BOSOK”? cuma webcamnya aja. yg laennya great! punya gw sih. dirawat makanya. -o-

  48. aspire 5315 punyaku gak muncul gambarnya kenapa ya? apa harus instal ulang driver kameranya? terus itu kan ada 3 pilihan driver, baiknya pilih mana?

  49. rizal says:

    Mas..laptop BYONq M3311 juga ngeblank nih pake webcam.. padahal baru diinstal OS Win 7 RC , seminggu kemudian jadi blank hitam…. trus sempet di instal Cyberlink WebCam kemudian bisa…. tapi beberapa hari kemudian .. kembali ngeblank….. gimana ya atuh ? dulu pake XP bisa koq…

  50. Deny says:

    kemaren malem sy coba pake driver webcam suyin sempat bisa. tp sy coba ubah posisi layar, ngeblank lg sampe hari ini.
    gmn ya????

  51. barca says:

    m0 mnta tlong nih acer eye Webcam gue blank lalu gue instal pake os vista malah gak ke detek tuh webcam tapi kmaren gue instal kmble ke os xp warna webcam nya blank putih.Gmana yah crnya tolong bntu yah terma ksih sblumnya

  52. GadisGundah says:

    mas… ini saya pake windows 7, di Aspire 4530, install webcam-nya lwt acer.com otomatis disuruh install yang bison, tapi gak bisa2 digunakan! sampe berkali2 saya download-nya… gimana yah caranya? biar webcam-nya bisa kembali aktif… thanx….

  53. ari says:

    mas, bagi link driver nya dong..
    dah saya google, tapi ga ketemu2 yang buat os saya..
    saya pake vista black edition (32bit)..
    kbyakan cuma ngebahas xp,7, vista 64bit..

  54. Rizky says:

    Mas,laptop aser aspire 4720z saya punya masalah yang sama. Kalau saya pake DEBUT VIDEO CAPTURE dan yang lainya pasti ada pesan error ” No device Found” . Semenjak pake vista gak bisa nyala webcamnya. Apa gara-gara OSnya ya?

  55. jutawan says:

    Saya mau kongsi pengalaman tentang acer aspire 4530 webcam problem. ternyata masalah ini saya alami hampir 2 thn dan banyak kali cuba update driver tapi semuanya gagal. problemnya apabila webcam on tapi bila lcd digerakkan akan blanklah webcam dan kemudian tidak dapat on hampir 2thn. jadi penyelesaiannya, saya buka sendiri cover di button start termasuk cover speaker, kemudian buka skru dan cabel menyambungkan lcd dengan motherboards, kemudian sambung semula dan kunci dengan ketat..sampai sekarang masalah selesai. ternyata bukan maslah driver. harap membantu.. klu tidak faham anda boleh email saya nanti saya emailkn gambar cara2nya.

  56. adisp007 says:

    U/ Linux Ubuntu???
    Kayaknya memang error d kabel pnghubung hardware-nya.Kurang kuat pasangnya.

  57. nobhitha says:

    To jutawan .. tolong kirimin datanya cara memperbaiki webcam 4530 gue ke email saya di nobhitha@ymail.com atau dry_farmasi@yahoo.com.. thanx sebelumnya

  58. aris says:

    setelah aku install DebutVideoCapture..webcamku udah bisa digunakan tuh.. dan saat dipakaipun ga masalah layarnya dirubah posisinya. Thanks Bro Papatome…GBU

  59. Sarah says:

    Hai, laptop aq acer aspire 4920 en webcam-nya bermasalah. Udah install yg Suyin en pas klik logo Acer Crystal Eye Webcam, layarnya malah blank putih.
    Aq udah insta Debut video capture juga. Pas mau webcam,malah ada tlsn No device of this type is present.
    Ini kira2 yg rusak itu alat webcam-nya atau malah programnya?binguuuuunggg…

  60. Ai says:

    mas jutawan,minta emailnya dong

  61. Ai says:

    aku juga punya acer 4530

  62. dsa says:

    bnran ini mah acer 4530 produk gagal
    awal” bli laptop ini sekitar 5bln laptop sy banyak masalah
    saya bawa k acer service center yg ada d pasteur soalnya wktu itu cuman ada d daerah pasteur

    nginep 1bln, motherboardnya rusak, webcam ga jalan, speaker mati sebelah

    untung aja masih ada garansi

    eh setahun kemudian webcamnya mati lagi sampai sekarang idup mati idup mati, kebanyakan matinya sih

    untuk acer mudah” baca keluhan kita smua ini.,

  63. rudi says:

    bos cara gunain cam gak ada driver gimana ye (tipe ulq209)dah dowload tapi gak dapet….. tolong dong bos kirm driver ke email ku….. trimmm

  64. Achong says:

    Wahhhh… Thank you sarannya…
    Dari dulu gue kesel camera laptop gue kadang jadi black screen mulu…
    eh ternyata ngukutin saran ini jadi nyala lagi…
    gak perlu repot2 pake sytem restore atau apapun..
    thank you yaaaa

  65. tyo says:

    video di webcam sy tdk ada,itu gmn bos

  66. DN says:

    wah bner ni, mslah ane jg sama. motherboard, webcam sma speaker. payah ni acer

  67. Rv says:

    bro bro bro kenape nih webcam gw kl dibuka ada tulisanya CAN’T BUILD THE GRAPH???
    mohon pencerahannya…..
    :bingung:

  68. anes rahayu says:

    kok webcame saya hilang yah? gara gara saya otak atik.trus dilayar dekstopnya engga ada tulisan webcame lagi.awalnya sih ada.bagaimana cara balikinnya ?

  69. Si Alan says:

    ACER = Awas CEpat Rusak

  70. gan knpe ya webcam ane layar nya hitam
    ada solusi gak

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

