Profil Acer 4530

Oke.. Tulisan pertama dalam blog ini akan membahas profil singkat mengenai Acer 4530. Tulisan ini akan membahas secara singkat dan menyeluruh mengenai apa saja yang ada di Acer 4530, fitur-fiturnya secara general, dan beberapa kekurangan yang dimilikinya.

TINJAUAN UMUM

acer-4530Acer 4530 adalah seri Aspire dari Notebook Acer, yang merupakan seri “umum” selain daripada 2 seri Acer lainnya yaitu TravelMate Series, dan Ferrari series.

Aspire 4530 sendiri merupakan notebook berbasis prosesor AMD, dengan Graphic Card seri mobile: Nvidia GeForce 9100MG. Tampilan secara keseluruhan berwarna hitam, termasuk keyboard, dan touchpad.

Notebook ini merupakan pengembangan dari seri sebelumnya: Acer 4520, yang sering disebut-sebut sebagai kakak, dan cikal bakal dari 4530.

KINERJA

Dengan Prosesor AMD berkekuatan 2GHz, 1MB L2 cache dan disertai VGA Card Nvidia GeForce 9100MG, Aspire 4530 merupakan notebook dengan kualitas kinerja laptop kelas menengah.

Seri ini bisa digunakan baik untuk keperluan sehari-hari, maupun untuk keperluan Game dengan grafis kelas menengah, juga untuk kepentingan desain kelas menengah pula.

Dengan dukungan RAM sampai dengan 4GHz, Acer Aspire 4530 dapat mencapai kekuatan optimalnya dengan Turbocache pada VGA mencapai 1900Mhz. Penyimpanan Harddisk sebesar 160GB menjadi tempat penyimpanan data utama.

KELENGKAPAN

Sebagai notebook kelas menengah, laptop ini memiliki semua fitur standar yang diperlukan untuk beraktifitas dengan laptop pada umumnya.

Fitur dasar seperti Bluetooth, Wifi, LAN, DVD ROM-Write, Modem, USB port, Audio port, card reader, telah dimuat dalam laptop ini. Sayangnya, fitur S-Video tidak dimuat dalam laptop ini.

Acer 4530 juga dilengkapi dengan fitur khas Acer yaitu Acer Empowering Technology, dengan tombol shortcut hijau sebagai tombol aksesnya.

KELENGKAPAN

Masih dalam kelas menengah, laptop ini menawarkan fitur-fitur multimedia standar notebook. Misalnya speaker, (tanpa standarisasi Dolby) yang bekerja cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Kecuali jika dipakai oleh para pengemar suara yang fanatik, kualitas speaker yang ada mungkin agak sedikit kurang.

Syukurlah, ada port Audio Out, untuk menghubungkan laptop ini dengan speaker eksternal kegemaran anda.

Laptop ini juga menyediakan Webcam dengan resolusi VGA yang telah dilengkapi dengan teknologi Crystal Eye yang cukup menawan dalam tangkapan gambar untuk hasil yang baik. Tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan kamera dedicated dengan resolusi yang sama.

DVD-Super Multi Double Layer juga terdapat dalam laptop ini. Fungsinya selain untuk memutar CD, atau DVD film kesukaan anda, bisa juga untuk proses burn data ke DVD, termasuk juga dukungan untuk DVD double layer.

Monitornya sendiri menganut teknologi Crystal Brite LCD, yang cukup memanjakan mata dengan kejernihan dan ketajaman cukup baik pada resolusi tertinggi 1280×800.

KELEMAHAN

Dengan harga sekitar USD $667, tentu saja ada beberapa kelemahan untuk laptop dengan segala keunggulan performa yang ada.Selain ketiadaan port S-Video,  beberapa masalah yang ditemui ada pada sistem BIOS, Webcam, dan Wifi.

Tetapi beberapa masalah tersebut masih bisa diatasi secara mandiri, dan masih dalam taraf ringan. Masalah ini juga lebih terkait pada kesalahan cara penggunaan dan pemakaian (proses instalasi driver, serta beberapa masalah teknis).

Jadi jika anda ingin laptop dengan tipe “tinggal colok langsung maknyus”, mungkin anda akan mendapatkan nilai 80% bagi laptop ini. Tapi tentu saja, anda mungkin tidak akan menemui seri lain dengan performa yang cukup tinggi, dengan harga yang relatif ringan di kantong.

KESIMPULAN

Acer Aspire 4530 merupakan notebook yang relatif dahsyat untuk ukuran harga yang ditanggungnya. Dengan harga sekian, kita bisa mendapati dukungan Prosesor yang memadai, ditambah dengan Graphic Card Nvidia yang cukup hebat dikelasnya, ditambah dengan fitur-fitur lainnya.

Jika memang kita mau sedikit repot, dengan sedikit sentuhan maka laptop ini akan menjadi laptop favorit yang menjadi primadona dalam pemakaiannya.

Tulisan lain mengenai Acer Aspire 4530 bisa anda dapatkan di DonnyKapahang.com

Author: papatome

Donny Adolf, pemuda Indonesia tulen. Gemar akan riset, teknologi, gadget, dan... ehm! Breakdance.

50 thoughts on “Profil Acer 4530”

  1. kok pake pertamaxx, kaskus bgt😀
    bios diupgrade dijelaskan jg dong bang😀
    “atau tinggal memakai charger (ga usah dilepas)”, ini apa maksudnya?
    thx

  2. setuju! imho, 4530 adalah best buy. terlepas dari semua kekurangannya. lagipula dengan pake 4530 setidaknya wawasan lo bakal tambah luas karna sering browsing nyari tips n trik buat maksimalin kinerja 4530.

  3. gann,,mo nanya,,kalo bios dah v3331 dah bisa lepas baterenya blon c???

    Maksudnya lepas batre dan ga restart? Kalo seri 3331 saya kurang tau juga mas.. Coba ditest dulu sekali, apa bluescreen ato enggak.

    Emang agak kasar sih caranya, tapi itu satu2nya cara biar tau biosnya reset ato engga. Lagipulan bluescreen secara substansi tidak berbahaya. Hanya peringatan bahwa ada kesalahan sistem. Walaupun demikian tetap saja kalo bluescreen terjadi terus menerus, bukannya ga mungkin terjadi kerusakan.

  4. barusan barusan beli minggu kemarin, sayangnya dapat yg lama, dah keluar yg 4530 new, cuman nambah jadi rm72 2.1 GHz trus ram dah aq tambah jadi 2gb….gimana sih cara update bios terus optimalin ni laptop via driver2nya….biar larinya tambah kenceng & nyaman….thanx

    Sudah banyak yang request nih, hehe.. Bentar ya bro.. semoga bisa sempat dibuatin optimalisasinya.

  5. papatome, tanya nih

    device wifi yang ditemukan atheros seri berapa?? wifiku gak mau pake driver bawaan. dan setelah seminggu cari drivernya, dapet driver (WLAN_Atheros_V7.6.0.239_XP_WHQL) yang berjalan dengan normal. tapi ditemukan dengan ID atheros AR928X. wajar gak>

    Selama berjalan dengan normal ga masalah koq mas.. Punya saya AR5006X. Yang penting bisa jalan aja..😀

  6. tolong infonya dong.
    gw masih ragu beli tu laptop acer 4530
    banyak yang bilang acer itu banyak masalah.

    gw jadi ragu ne.
    please kasi tw yak.

    Hmm.. memang masalah utama yang sering dirasakan itu Webcam sama Wifi. Sisanya oke2 aja. Kalo memang mau sedikit repot untuk mengurusi 2 masalah umum tersebut, 4530 masih tetap pilihan yang paling mantap untuk kisaran harga tersebut. Perlu dicatat bahwa: Tidak semua Acer 4530 bermasalah Wifi dan Webcamnya.

  7. mas haree,

    jujur aja, laptop ini emang banyak masalah. tapi permasalahannya yang banyak ada pada bagian driver, kalo mobo, LCD, ato kabel flexibel webcam sepertinya udah teratasi dengan baik pada seri RM72 seperti punya saya. mungkin RM 74 selain lebih cepat, pasti ada penyempurnaan dari sisi hardware.

    tapi dengan begitu saya yakin, kita jadi cepet bisa/paham mengenai seluk beluk laptop.

    mungkin papatome ada yang ditambahkan???

    Hahaha… setuju mas. Mau ga mau kita jadi banyak belajar tentang seluk beluk laptop (dengan catatan: kalo kita dapet pas yang lagi bermasalah). Semoga aja seri RM74 (atau kalo ada seri barunya lagi) bisa jauh lebih baik.

  8. dvdrw nya kalo dipake lama/panas koq macet ya…?

    Sebaiknya memang diberi jeda mas. Masalahnya DVD-RWnya pasti tidak sebaik DVD-RW PC yang sudah lebih “senior” dan memiliki ruang yang lebih longgar untuk sirkulasi udara. Lebih bagus lagi pake cooling pad, mengingat sirkulasi notebook tidak selapang PC.

  9. thanx ya mas aryabayu..

    akhirnya saya dah beli juga tu laptop.

    seneng banget rasanya beli laptop pake uang sendiri,,

    tolong kasih tw donk apa aja keunggulan dari 4530 ini.

    Kalo menurut saya, yang paling penting adalah Grafiknya! Sampai sekarang, dengan rentang harga sedemikian, belum ada yang bisa menandingi (mohon koreksi kalau saya salah). Bahkan HP yang mengeluarkan seri “saingan”nya pun dengar-dengar di forum masih payah juga GPUnya.

  10. mas, 4530 tu sbenarnya 64 bit gk yah?
    coz aku instal ubuntu 8.10 biasa bisa tapi 64 bit gk bisa, trus dicoba xp 64 bit jg gk bisa.
    sbnrnya gmn sih cara ngecek “suatu komputer” 64 bit ato 32 bit.
    mkasaih…

    Ngeceknya dari seri prosesornya mas. Tapi kalo prosesor yang relatif baru saya rasa sudah sebagian besar mendukung 64bit. 4530 sendiri sudah mendukung 64bit. Kalo linux 64bit saya sendiri sering gagal (akhirnya pake 64bit), dan sampai saat ini masih agak malas mencari solusinya, hehe. Kalo XP 64bit seharusnya bisa mas. Soalnya udah ada yang berhasil instal di kaskus.

  11. @mas Grey
    wifi lapie ini atheros. tapi punyaku (waktu pake XP) gak mau jalan dengan driver bawaan. jadi aku install dengan driver WLAN_Atheros_V7.6.0.239_XP_WHQL (googling aja). tapi kalo yang vista no problemo.

    @mas haree
    MURAH MAS. itu yang paling membuat dia unggul dari pada yang lain. dengan spek turion X2 + 9100MG gak ada yang menyamai lapie ini dari segi harga.

    selama aku pake ini, dengan install dengan XP maupun vista belum ada masalah yang berarti. aku sudah install PES2009, NFS Prostreets, sims2 semua nya berjalan dengan normal. dengan catatan pakai driver yang disodorin ama papatome + RAM min 2Gb.

    @papatome
    sorry bos, aku bertindak seperti aku yang punya blog :hammer:

    Ndak apa-apa mas, saya malah makasih sudah mau membalas komentar pembaca lain, maklumlah blognya abis ditinggal lama, ^^

  12. kan di acer aspire ini ga ada port s-video,bisa ga di tambah dengan sendirinya????dan kalo bisa ada efek sampingnya ga??????????

    Hmm.. saya sendiri kurang tau mas. Tapi kalo memang ada port PCMIA buat S-Video, saya rasa ndak akan ada efek sampingnya. Itu juga kalo ada. Kalo nda, bisa pake kabel VGA to S-Video. Di Amazon sendiri harganya 5 dollar, sayangnya belum pernah nanyain di toko-toko, hehe.

  13. papatome, saya mau tanya nih tentang empowering technolgy acer 4530, saya sudah mencari dari cd bawaan untuk driver tersebut tapi tdk ada
    apa memang harus DL sendiri?
    klo memang gtu blh nanya dimana hrs dlnya?

    Memang harus download sendiri mas. Coba ke LINK INI. Pake yang seri 4520 gapapa, soalnya belum ada yang buat 4530.

  14. papatome….

    aku habis ganti OS pake XP64 bit. dimana aku bisa dapetin driver2 untuk :

    modem device on high definition audio bus
    SMbus
    Coprocessor

    kalo yang laennya sudah bisa aku dapetin.

    tlg ya papatom… u are the best

  15. tolong donk yang tau dimana dapetin driver acer 4530 utk windows xp x64. ga tau cari dimana T.T

    install linux di acer 4530 ga masalah tuh. cuma kalo pake linux mint 6 universal, driver vganya harus download dulu. install opensolaris di 4530 lancar tapi ethernet sama wifi-nya ga ada drivernya, ada yg tau solusinya ga? bisa ga sih solaris 10 di install di 4530? kalau bisa, gmana caranya?

  16. papatom saya mau beli laptop 4530 dan sekarang keluar baru lagi 4535 apabedanya terus mau diinstall Windows XP Professional saya denger dan baca blog papatome koq banyak masalahnya jadi ragu nih beli 4535 sekarang harganya Rp 6.200.000,- di Website PC-Rakitan

  17. ohya ada ga vga eksternal(dongle untuk discrete vga) buat acer aspire 4530 krn q ga puas dengan performa grafisnya……apalagi buat memainkan game Company of Heroes…

  18. Baru join soalnya baru dapet 4530.
    paket cd source nya itu emang cuma untuk 32 bit ya?
    kalo pake 64 bit mesti search sendiri ya?

    dan alasan kenapa pilih diantara 32 bit dan 64 bit?

    thx

  19. Saya ada laptop 4535 yang katanya masih “peranakan” dari 4530, gimana ya dengan connect ke infokus????
    ada masalah g???

  20. lapie 4530 ku dah di doping ram 3GB.. main PES2009 masih aga lambat nih…
    mw tanya, kalo besarnya memory share untuk vga (turbocache)bisa di besarin ga?? saolnya masih kebaca 386 MB.. sapa tau bisa di set lebih besar…
    webcam ku jg ga jalan neeh sampe skarang.. ya untung nya aku jarang pake.. selebihnya, laptop ini mantaf..

    gara2 jalan2 di mall, liat acer 4736G, wuihhh mantap pake NVIDIA CUDA 512mb tp prosesor nya intel.. kepincut neeh,,,,

  21. bagi temen” yg punya masalah webcam,

    sebaiknya ganti aja dengan webcam yg baru, emang seh laptop saya juga mempunyai masalah yg sama, tapi skarang sudah tidak lagi..

  22. gan gw punya masalah ni, lapi 4530 gw beliin ram jadi 2 gb. tapi yang ke detek cuma 1,8. terus yang lain ternyata dipake buat vga. so vganya jadi gede banget.
    pertanyaanya, gimana biar ram jadi 2 gb, gw udah ngotakatik booting tapi susah, ga pernah berhasil
    help me gan

  23. mas mau tanya kl d lptop 4530 punyaq error .trus kl q nyalaiin d safemode d kode Beep yang menunjukan kode kesalahan.yng rusak panya????mhn dblzzzzz

  24. Halo guys numpang sharing ya…
    Gw jg punya acer 4530. Soal performance utk game kyknya ok ok aja. Apa lagi klo cm di instal win xp pasti ngacir. Sedikit tips, utk driver vga gw slalu update lsng dr website nvidia.
    Acer 4530 gw terinstal win vista ultimate 32bit ram 4gb. Dan utk vista 32bit ramnya ga bisa kebaca smuanya. Dan klo soal gaming kyknya di vista memang agak sedikit lemot drpd di win xp, krn vista m’butuhkan byk source. Utk mengakalinya gunakan saja iobit game booster. Aplikasi ini relatif aman krn hanya menghentikan smua service yg tdk dibutuhkan utk sementara waktu s’hingga kita bisa mendapatkan ram yg lebih besar. Aplikasi ini jg bkn hanya utk game, krn jika anda seorang design grafis dgn aplikasi yg m’butuhkan byk dpt jg m’gunakan aplikasi ini. Dgn aplikasi ini performa grafis dpt naik dr 10% s/d 30%. Dan yg asiknya aplikasi ini gratis.

    Thanx

  25. laptop 4530 saya blue screen mas, saya ada liat di beberapa blog ….disitu dipaparkan bahwa harus install nvidia sata controllernya,!!!tapi kok masih bermasalah sedangkan untuk update bios saya tidak berani karena resiko tinggi …ada solusi lain nggak???

  26. mas mu nanya..
    kalo acer saya di proses ny ad runDll32.exe tapi saya ngaa lagi nginstal
    itu knapa y
    padahal saya baru recovery
    dah proses rundll32.exe tu ad 2 proses ny
    mohon di jawab

  27. saya pake acer 4530..setiap kali nginstal windowsnya..tiak berapa lama kemudian windowsnya minta d repair…..sudah sering kai saya nginstal ulang windowsnya..tapi tetap begitu juga….paling lama bertahan 2 hari terus minta di repair lagi karena system32/config nya corrupt or missing…..hampir semua jenis saya coba instal…dari xp vista sampai windows 7…tapi tetap demikian…..mhon bantuannya..plis……

  28. Huy guys. . .
    Sya jg pny aCer 4530. Mnrt sy Laptop ini sdh ckp maksimal. WLwpn msh ad kKrgn, wjr sTiap keLebihan pSt ad jg kKrngnNya. Ok g’ ? Tp Laptop ini sngt cnGgih apbLa d install wndw Vista, d tmbh dgn advance system care yg hebAt n USB scurityny mMbuat Laptop ini trLndung dri jns virus apapun. Bktny Laptop sy g’ da msLh tU.
    Buruan

  29. mas untuk ngatur microphone d acer 4530 gmn?? supaya bs conference d YM bgmana?

  30. bang baru komen aye.. dah 3 tahun pake ni laptop nih sekarang lcd gw ada fleknya tiba2 gitu kenapa ya.. mohon solusinya

  31. bang, pngen share problem nihh. ni laptop cuma pake maen dotA aj koq nge’lag nya parah bgt ya.. truz klo pke buka program office, lambat bgt.
    ane pke windows 7. itu problem udh semenjak ane beli. padahal driver VGA ydh ter’update, ama BIOS jg. pdahal cuma pngen maen DotA aj, ogah dahh maen yg berat2
    tolong pencerahan nya bang… thankz🙂

  32. semua laptop mempunyai kekurangan dan kelebihan,..
    kalau menurut aku si acer 4530 itu bener2 dahsyat ,..aku punya udah hampir 4 tahun tetep mulus lhoooOoo,…oh iya kok yang kalian punya HDD 160,..kalau aku punya HDD 250 GB,….apakah yang aku punya spesial yaaa,…ckckckck,..tapi benner lho…

    UGHA

  33. so,saya pun bangga pakai acer aspire 4530 sudah selama 4 tahun saya pakai,yg paling saya senang adalah game PES 2012 yang sangat lancar saya mainkan,setelah mengupgrade RAM menjadi 4GB, TOP BANGETSSS,,so thx ACER.

  34. gan ini saya punya laptop acer 4530 sudah pakai 6 tahun jalan 7 tahun….
    yang saya dapat permasalahan nya batre dan jalan nya seperti siput yg lagi ngesot….
    padahal Ram nya sudah 3Gb,,, dan saya pakai windows7…
    jadi apakah ada saran untuk biar jalan nya ngebut gan?????

  35. Mas mau tanya laptop acer 4530 sya diinstal pes 2013 kok nge lag ya? Mhon solusinya

Leave a Reply

