Masalah Webcam 4530: Update

Tampaknya masalah webcam 4530 tetap banyak yang mengalami meskipun sudah melakukan trik-trik yang sudah dituliskan pada postingan Webcam 4530 Saya Tidak Mau Menyala! Sebagai gantinya, saya mencoba mencari beberapa alternatif pemecahan masalah webcam yang cukup ribet ini.

Hasilnya? Ini dia kedua kandidat kita:

Debut Video Capture Software

Debut Video Capture Software adalah sebuah program kecil (400-an KB), yang disarankan sebagai Best Solution di salah satu forum tanya-jawab online mengenai masalah webcam Acer.

Saya sendiri belum pernah mencoba di laptop yang webcamnya bermasalah, tapi di laptop saya sendiri bisa berjalan dengan baik. Malahan fiturnya jauh lebih keren daripada Acer Crystal Eye Utility-nya Acer.

Contoh Gambar Debut Video Capture

Saran saya, software ini bisa dicoba dulu sebagai alternatif pertama webcam 4530 yang ngeblank. Kondisinya sebaiknya sama seperti postingan masalah webcam 4530 terdahulu, yaitu driver webcam tidak perlu diinstal, hanya Acer Crystal Eye Utilities (Suyin) saja (walaupun kita tidak memakai yang ini nantinya).

| DOWNLOAD DEBUT VIDEO CAPTURE |

STOIK Capturer

Kalo yang ini khusus untuk merekam video saja. Besarnya kurang lebih sama dengan Debut Video (400-an KB), dan setelah dicoba juga berhasil di 4530 saya.

Secara keseluruhan sih, rasanya masih lebih bagus fitur-fitur debut dibandingkan dengan yang satu ini. Tapi STOIK bisa jadi alternatif lain, jika Debut Video Capture juga masih belum bisa menjalankan webcam 4530.

Screenshot STOIK Capture

Cara instalnya juga sama dengan Debut, yaitu tanpa instalasi driver webcam. Cukup Acer Crystal Eye Utilities (Suyin) saja. Btw saya numpang gaya boleh yak? Hehe.. Monggo didownload:

| DOWNLOAD STOIK CAPTURER |

Oke, itu aja dulu alternatif pemecahan masalah webcam 4530 nya.

Oh iya, dimohon dengan sangat, agar para pembaca sekalian yang telah mencoba dan berhasil, rela untuk kembali ke blog ini untuk menuliskan kisah suksesnya demi kemaslahatan kita semua ^_^.

Terimakasih sebelumnya, selamat mencoba dan semoga sukses dengan webcamnya!

Author: papatome

Donny Adolf, pemuda Indonesia tulen. Gemar akan riset, teknologi, gadget, dan... ehm! Breakdance.

50 thoughts on “Masalah Webcam 4530: Update”

  1. beuh.. potonya papatome tuh? baru tau saya🙂

    kang saya malah bermasalah dengan wifi 4530 nih. Di device manager ada tanda pentung gitu. di device manager tertulis Atheros AR5B91. pake driver yang di DVD bawaan acer “atheros v5.3.0.67” ga compatible.
    udah cari kemana-mana tapi link yang di dapet udah pada kegusur semua tuh.

    Tolong bantuannya dunk..
    kayanya tiap versi 4530 wifinya beda-beda yah? saya pake yang RM74

    bingung mau cari kemana lagi nih

  2. alhamdulillah..setelah sekian lama bermasalah dengan webcam, akhirnya setelah pake debut, kameranya bisa aktif lagi

  3. wabcam saya msh ttp blm bekerja..saat si cek di Device Manager tdk ada tab Imaging Device.
    Saya memakai OS Vista 32bit.
    Slain itu dmanakah saya bisa mendapatkan update terakhir driver Nvidia GeForce 9100M G??
    Terima kasih untuk responnya…

  4. hallo papatome,.
    ada link bt download Acer Crystal Eye Utilities (Suyin)ga?
    oya aq dag cb instal pk driver VGA Dox Optimised, grafis mank lbh bgus, tp bgtu d pake maen game stronghold legend aga lumayan lmbat, pas dag berat bgt lngsung mati, panas x ya, bgtu d nyalain lg ga bs mlah blue screen ada message error’y, truz BIOS’y d restore default lg baru de bs booting, tp blom nyoba game laen c. thnx b4

  5. Coba ahh..kebetulan WEBCAM ku jg sering Hang..malah G bisa Muncul Lg padhl uda Instal ulang x..
    Thanks B4..Doain Sukses…

  6. wah saya sdh mau putus asa, gonta-ganti software webcam acer 4530 tp smpai skrg belum kesampean bisa berfungsi, gimana yah.. tlg kasih saran dong!

  7. dah bisa jalan progie-nya.. cm kameran punyaku yang aneh, sisi orang dan gambar jadi terbalik, blm nemu settingannya untuk mem-flip nya supaya klo gerak tangan kanan, di gambar juga yang sebelah kanan, bukan sebelah kiri. ada yng bisa bantu?

  8. halo salam kenal…
    baru kali masuk sini..
    eh GTA IV bisa jalan di 4530 gak ya? mo install tapi takut ntar gak kuku, abis mo beli DVDnya ampe 4 DVD tuh,…

    regards,

  9. Gw cuma mo bilang… bravo…
    pake XP Sp2 ga perlu install driver cam segala…
    cukup install Debut Video Capture Software dan STOIK Capturer. Webcam udh bisa jalan tanpa kendala…….

    Thanks for all…
    Stay up dating ya Papa tome ^_^

  10. Untuk acer 4530 yang seri lama emang harus ganti kabel webcam (istilah ASC kabel LCD) cz emang hardware failure..Tenang aja cuma 3-5 hari gratistis..

  11. No device detected

    Begitu hasil akhir instalasi Debut Video Capture mas..

    Need your help…

    Thanks

  12. bros….gimana nih webcam si nyala tapi ko kurang sempurna ya? aga2 gimanaa gitu ga tajam dan ga soft masa halusan gambar hasil webcamnya punya om ku yang 4520. thanks banget

  13. trimakasih… papatome…. manjur banget saranya… skrg da oke webcam aku, hampir aja aku bawa ke acer point setelah membaca petunjuk dari papatome… dan skrg sudah dapat ber webcam ria…………

  14. wah..
    udah byk yg dicobain cara2 nya..
    pd gk berhasil smwa….

    ada yg laen lagi gk y?

  15. STOIK capturer nya kok gak bisa di unduh ya….mungkin ada link lainnya kah….

    trim’s berat

  16. banyak acer yg bermasalah dgn webcam,4520,4730,4530,dll.bgtu jg ada beberapa saya perbaiki zyrex.jd solusinya saya buang/uninstal driver webcam nya.trus restart laptop.stlh hidp kmbli.yg terdetek adlh USB WEBCAM/USB VIDEO(jd yg terinstal adlh driver bwaan WINDOWS)Stlh itu bru instal sofware ARCSOFT WEBCAM CAMPANION 2.0 dan jgn pke yg versi 3.ckp ver 2 aj.mdh2n membantu.maaf software blm bs upload.inet lg lemot.cb di googling aj dlu.ukuran 24mb.

  17. wduh,px aq wktu prtama instal bs d pk’
    tp waktu d mt’n and d idupn
    NGEBLANG lg
    help me,,,,,,,,

    -DZ-

  18. ada satu cara yang bikin camera 4530 normal…tp agak menggangu seh…coba install driver bawaan dari CD…ntar pas nge-blank lg…matikan laptop trus tu2p LCD n buka lg ampe mentok (g bisa dibuka lebih lebar)

    krng idupin laptop n kameranya akan bekerja…

    trik ini selalu berjalan normal pada 4530 pny sy…

    <<>>
    kamera cuma mau bekerja kalo posisi LCD terbuka penuh ampe mentok…

  19. INFO TERBARU…!!

    SUPAYA GA REWEL LAGI..PIHAK ACER MENYARANKAN VERSI 4530 YANG LAMA DENGAN BIOS VERSI 1.3331 DAN 1.3332 UNTUK DI UPDATE KE VERSI 1.333 ATAU YANG TERBARU SEPERTI KELUARAN ACER 4530-721G16MN YANG SEKARANG..

    DIJAMIN TIDAK REWEL DAN BANGGA MEMPUNYAI ACER 4530. SEPERTI SAYA..

    KALAU MALES UPDATE BIOS, BISA MENGGUNAKAN DEBUT DAN SUYIN UTILITIES DENGAN CATATAN SEBELUM MENGGUNAKAN WEBCAM HARUS DI RESTART TERLEBIH DAHULU.

    SEKIN INFO SAYA. SEMOGA DAPAT MEMBANTU KAWAN-KAWAN SEMUA

  20. webcamku Acer Crystal Eye Utility, cuma kok ga bisa rekam video ya?? cuma bisa foto doang?

    dg driver yang disaranin bisa buat video ga?

  21. wah makasih ya… akhirnya webcam ku bisa jalan lagi pake debut.. klo pake sofware bawaannya seperti suyin ga bisa…. tapi untung ada debut… thanksss

  22. Mas saya punya masalah di acer 4530 LCD nya sering kedap-kedip terus sering muncul berkali-kali peringatan tentang USB nya(di device manager USB ada yang unknown device) saya sudah instal ulang OS nya tapi masih aja kayak gitu gimana ya cara memperbaikinya tolong dong di kasih tau kalu bisa kirim caranya ke email ku ya mas.

  23. detek pake device doctor bro….. cmua update driver yang dah keinstal bisa diliat disana and langsung di donlod…^_^

    kalo udah dpasang driver terbaru mudah2an bisa…gw dah nyoba soalnya…

  24. punya aku 4736G juga ga bisa.
    gimana donk???
    kalau ada solusinya kasih tau ya…
    caranya yang jelas ya, soalnya jujur aku rada bingung.
    Hehehehe…
    ^-^

  25. bos,, debut video capture nya udh gw install tpi ga mo muncul jga webcamnya.. apa harus d hapus dlu software asal ny..
    thanks..

  26. webcamnya udah jalan mas, tapi pas webcam ym tetep ga bisa.. ada solusinya ga buat ym atau skype?

  27. bro…aku punya camera ASUS WebCam, 1.3M, USB2.0, FF tapi gambarnya terbalik kenapa ya?

  28. papatome, udah dijalanin tuh sarannya,tapi belum berfungsi juga, minta saran yang lain dong

  29. saya pake acer 4530..setiap kali nginstal windowsnya..tiak berapa lama kemudian windowsnya minta d repair…..sudah sering kai saya nginstal ulang windowsnya..tapi tetap begitu juga….paling lama bertahan 2 hari terus minta di repair lagi karena system32/config nya corrupt or missing…..hampir semua jenis saya coba instal…dari xp vista sampai windows 7…tapi tetap demikian…..mhon bantuannya..plis……

  30. Mas q td daj cba instal di note book 4530 q tp qok tetep gak bisa ya tetep aja muncul”not devic pound”
    adajalan Lain gak mas kalau ada kirimin ke E-Mail aku donk,Pls

  31. Klw mmg camx acer 4530 dah blank..mana bisa dibaekin pake program aplikasi kyk gitu… km pinter tp sokta juga… aneh cara berpikir lo…

  32. udah bisa sih nih..
    tapi gimana yah cara memunculkan suara/bunyi dari video yang baru kita buat?
    cz kalo aku buat video pribadi, pas di cek, suaranya gag ada..
    apa harus pake perangkat lain dulu yah,, biar suaranya kedengaran??
    makasii..
    salam,

  33. tolongin dunk…
    dah diinstall debut video capture-nya
    tapi kok gak kedetect apa-apa
    NO DEVICE OF THIS TYPE IS PRESENT

    Toloooooong…..

Leave a Reply

